Tips: Wawancara Yang Sukses

Banyak cerita miring dari orang yang diwawancara maupun pewawancara tentang proses wawancara kerja.

Yang diwawancara: kok aku gak dipanggil lagi ya setelah wawancara pertama?
Yang mewawancara: kenapa orangnya kok kurang bergairah gitu ya akalu diwawancara?
Dua kalimat di atas mentrigger tips ini...

Tips ini memberikan informasi non teknis, dengan asumsi semua yang diwawancara bisa handle pertanyaan teknis yang ditanyakan.

Bagaimanakah Wawancara Yang Sukses?
Perhatikan bahasa tubuh anda, gaya bicara, pemilihan kata-kata, dan sikap duduk. Ini adalah parameter utama yang diperhatikan orang saat mewawancarai anda.
Kombinasi parameter itu bisa membuat anda dipilih atau ditolak untuk proses lebih lanjut.

Maksudnya?
- Apakah bahasa tubuh anda dapat menunjukkan gairah? Jangan ada kesan anda lamban atau pemalas.
- Gaya bicara anda terbata-bata? Rekamlah suara anda dan cek berapa banyak kata jeda seperti "ee... ngomong dikit ... ee" di sini "ee" hanyalah satu dari contoh kata jeda yang ada.
- Pemilihan kata-kata anda cukup diplomatiskah? Kalau anda tidak tahu jawabannya ada bagusnya anda jawab "belum tahu" karena bisa berarti anda belum tahu tapi mau mencari tahu. Ini adalah contoh saja, detilnya sangat situasional tergantung kondisi, tanyakanlah kepada konsultan pribadi anda jika perlu.
- Sikap duduk anda sudah baik dan benar? Pastikan anda berada pada kondisi fit saat wawancara, jangan bersantai di kursi yang disediakan tapi juga jangan terlalu tegang. Bersikap wajar dan duduklah dengan tegak.

Apalagi Persiapan Lainnya?
Persiapan lainnya sejujurnya adalah persiapan pengalaman anda, prestasi kerja atau pengalaman studi, semua pengalaman baik yang dimiliki merupakan persiapan terbaik untuk sebuah wawancara.

Kontrol emosi, walaupun tidak diulas khusus di atas, tetap memegang peranan penting, dengan didukung pengalaman wawancara, tentunya ketegangan dan kekakuan akan hilang/ berkurang.

Artinya?
Kalau anda masih bekerja, belajarlah menjadi karyawan yang baik kalau perlu jadilah karyawan ideal :)

Masih Perlu Tanya Hal Lain?
Konsultasikan masalah anda yang berhubungan dengan karir, kepribadian, mindset, dan love life di website konsultan pribadi - www.kiki4hire.com - bergabung dengan lebih dari 600 membernya hari ini.

kiki4hire

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari