Bargaining Position (Posisi Tawar)

Apa dan mengapa posisi tawar (bargaining position) akan diulas singkat dalam tulisan ini, dengan contoh sederhana tentunya.

Bargaining Position
Kalau anda kebetulan menjadi supplier pada sebuah institusi misalnya: bargaining position institusi sebagai customer selalu akan lebih tinggi, boleh nawar, boleh menekan harga, boleh menentukan payment term, dst. Customer umumnya memiliki hak posisi tawar yang lebih besar. Di sisi lain sebagai supplier, anda harus menawarkan produk anda sedemikian rupa sehingga posisi anda menjadi lebih baik diantara kompetitor yang menawarkan produk serupa. Inilah bargaining position tapi akan diulas dari sudut pandang yang lain.

Pentingkah Bargaining Position itu?
Sangat penting! Pihak yang memiliki posisi tawar lebih tinggi berhak untuk menentukan banyak hal termasuk mengambil keputusan untuk dijalankan orang lain yang posisi tawarnya lebih rendah. Seorang anak buah umumnya diminta untuk membantu atasannya mencapai tujuan yang disepakati bersama. Pada saat ini bargaining position karyawan adalah di bawah atasannya karena perbedaan wewenang akibat jabatan yang dimiliki.

Tapi... tidak melulu seorang staf memiliki posisi tawar yang lebih rendah, kalau staf ybs bisa memberikan peran lebih dalam sebuah organisasi, pengaruh yang ditebarkannya akan meningkatkan posisi tawarnya. Menarik bukan?

Meningkatkan Bargaining Position
Normalnya kenaikan bargaining position akan berimbang dengan/ bahkan mendahului kenaikan pangkat; seringkali derajat kepercayaan yang meningkat membuat diri pribadi lebih dihargai ditempat kerja/ organisasi, barulah pangkat dan tanggung jawab menyusul naik terakhir baru penghasilan... :)
Dari kalimat ini terjemahan sederhananya sbb: membuat orang percaya menjadi sangat penting, bertanggung jawab dan bisa diandalkan, serta tidak hitung-hitungan kalau kerja pasti menghasilkan poin ekstra tersendiri, kalau tidak dihargai dengan selayaknya, percepatan pengalaman sudah pasti didapatkan...

Adalah fair juga kalau anda hanya mendapatkan pengaruh yang meningkat, bukan penghasilan yang meningkat (buat sementara), dengan demikian perlahan tapi pasti posisi tawar anda meningkat.

Kalau Berhasil Manfaatnya Apa?
Apakah anda memiliki orang yang anda segani tapi bukan anda takuti? Mengapa?
Salah satunya karena pengaruh dia lebih besar, dapat diartikan posisi tawar dia lebih besar dari pada anda.
Pada saat pengaruh anda besar, menggerakkan banyak hal menjadi mudah karena banyaknya dukungan sebagai buah dari bargaining position anda.

Suatu hari nanti jangan kaget kalau anda tiba-tiba ditawari posisi penting yang lebih tinggi dari sebelumnya, otomatis percepatan karir akan menjadi milik anda.

About Self Development
Bagi yang pengen bertanya lebih detil kasus yang anda miliki untuk perkembangan diri dan berkembang dalam mengatasi tantangan hidup, anda bisa tanya kepada konsultan pribadi anda di website: www.kiki4hire.com. Saat ini banyak sekali orang yang telah bertanya dan puas dengan jawaban yang kami berikan. Website ini dibentuk untuk membantu perkembangan karir, kepribadian, motivasi, dan love life.

Silakan bergabung dengan lebih dari 800 member yang telah bergabung duluan dengan website konsultan pribadi ini.
Semoga bermanfaat.

kiki4hire - your personal consultant on web

Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile





No comments:

Post a Comment

Silakan komentari