Teacher(s) of Life...

Berapa banyak orang yang berarti dalam hidup?
Orang yang berarti adalah orang yang banyak memberikan inspirasi tentang cara-cara menyiasati hidup ini, entah dengan filosofinya yang sederhana tentang kejujuran, keikhlasan, hingga strategi serta wawasan; bagaimana berkembang, bagaimana waspada, sharing pengalaman, wah banyak deh.

Teacher(s) of Life
Orang-orang yang berarti dalam hidup biasanya memberikan kesan mendalam, terlepas dari umur, bisa tua atau muda, yang jelas memiliki teladan yang bisa dicontoh. Untuk orang-orang seperti ini, kita sebut sebagai Teacher(s) of Life (Guru dalam Hidup).

Belajar dari Teacher of Life
Satu kali saat berjalan di sebuah tempat pameran, ada seorang satpam yang rela memunguti beberapa potongan sampah kertas yang terserak di jalan yang dia lalui lalu sambil berjalan ke tempat tujuannya, kertas sampah tersebut dibuang di tong sampah.
Apa yang special dari orang ini? Buat yang melihat dan menghargai kemauannya berkontribusi di luar tanggung jawab dia, ini adalah luar biasa. Dedikasi kerja seperti itu patut mendapat pujian dan ditiru dalam keseharian, dia bisa kita anggap salah satu Teacher of Life. Contoh ini sangat sederhana bukan? Sayangnya kejadian ini bukan di tempat pameran di Indonesia.

Sewaktu berkantor bersama satu sales senior, kegesitan dia mencari informasi dan strategi mencari informasi sangat mengagumkan. "Urat malunya sudah putus", demikian kita sering bercanda dengannya; dia dapat mencari informasi apapun yang kita butuhkan yang berhubungan dengan pelanggan. Mulai dari kapan seseorang ngantor, jam berapa dia pulang, rumahnya daerah mana dst dst. Channel dan cara kreatif dia yang mengagumkan layak dijadikan teladan untuk menggali informasi yang dibutuhkan.

Sesungguhnya banyak lagi contoh-contoh menggugah lainnya yang sederhana, namun jelas bermanfaat untuk diteladani dari Teacher of Life kita. Fantastisnya juga, lingkungan sekitar seperti tanaman yang sedang tumbuh, perilaku binatang atau bahkan serangga dapat memberikan pembelajaran yang unik, makhluk yang bereaksi secara natural pada kekuatan alam.

Sikap Mendengar dan Mau Belajar
Teacher of Life ini bertebaran di mana-mana, ada di sekitar kita. Yang diperlukan dari diri ini adalah kemauan untuk belajar dimulai dengan mendengar, mengamati, menganalisa dan meniru kalau memang baik. Banyak persamaan yang dapat diperumpamakan dengan masalah yang dihadapi misalnya. Dengarkanlah apapun ajaran yang diberikan, jangan dilawan dahulu dengan pola pikir yang belum tentu sejalan; belajar dari banyak sumber tentunya jauh lebih lengkap dari satu sumber pembelajaran.

Sumber Pembelajaran Lainnya
Pengalaman dari orang lain seringkali mendorong ide dan gagasan baru dalam mengatasi suatu masalah. Salah satu cara belajar dari orang lain adalah mencermati apa yang dialami orang lain yang dituangkan dalam kasus yang ditanyakan di website.
Ada banyak Teacher of Life lain yang memberikan arahan baik sebagai mentor langsung atau online via internet di alamat www.kiki4hire.com; semuanya dapat saling melengkapi dengan cara dan mekanisme yang berbeda.

Have a nice weekend,

kiki4hire - your personal consultant on web

Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile


No comments:

Post a Comment

Silakan komentari