Tips: Ambil Keputusan & Jangan Plin-Plan

Anda leader dalam sebuah perusahaan atau organisasi? Mungkin Tips ini buat anda :)
Kalau belum jadi leader? Silakan simak tips singkat ini sebagai persiapan.

Keputusan Yang Tepat!
Mengambil keputusan itu unik, butuh keberanian, syukur-syukur diimbangi kemampuan melihat beberapa step ke depan.
Keputusan yang tepat adalah pilihan terbaik diambil sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada saat itu. Idealnya keputusan ini memenuhi syarat dan ketentuan umum yang berlaku; tapi kalau kondisi darurat sedikit / banyak menyimpang pun selama dapat dipertanggungjawabkan, tidak akan ada masalah.

Konsekuensi Sebuah Keputusan
Setelah ambil keputusan, ikuti perkembangannya, kalau lari dari track yang seharusnya, ambillah keputusan susulan. Kalau keputusan anda salah, perbaiki dengan keputusan yang benar untuk memperbaikinya. Kalau sudah benar, bersiagalah barangkali keputusan selanjutnya masih dibutuhkan.

Kalau Tidak Memutuskan VS Plin Plan
Kalau tidak mengambil keputusan anda akan jadi pengikut saja, bukan pemimpin; kalau keputusan anda tidak pasti, berubah setiap saat orang akan bilang anda plin plan. Keduanya sama buruknya.

Kekhawatiran Dalam Sebuah Keputusan
Seringkali rasa khawatir akan kesalahan dari keputusan yang diambil menyelimuti seseorang yang tidak terbiasa memutuskan. Berlatihlah dengan keputusan yang sederhana misalnya: memutuskan makan siang dimana hari ini saat jam istirahat dan jangan melulu menjadi pengikut.

Rasa khawatir akan hilang apabila keputusan anda didukung oleh informasi yang tepat dan keputusan tidak berdasarkan emosi, melainkan pemikiran yang logis.

Pentingnya 2nd Opinion Dalam Pengambilan Keputusan
Jika anda ragu mengambil keputusan, ada baiknya anda mencari 2nd Opinion dari rekan, sahabat atau mentor anda; pemikiran dua orang atau lebih pastinya memberikan informasi dan masukan lebih sebelum keputusan diambil.

Hubungi konsultan pribadi anda bila sudah mendaftarkan diri, sebuah layanan konsultasi untuk menjawab tantangan hidup anda via web, biaya sangat terjangkau; silakan buktikan sendiri.

Semoga bermanfaat, comment dan opini anda kami sangat harapkan.

kiki4hire - your personal consultant on web




No comments:

Post a Comment

Silakan komentari