Tips: Berpendapat - Mengembangkan Opini Buat Kemajuan Bersama

Kemauan berpendapat ternyata tidak menjadi milik semua orang. Beberapa orang berpikir: "ah, nanti aku terlihat bego gak ya, masa yang gitu aja diomongin?" atau "yang begini sih semua orang juga bisa...!" atau "cuek aja deh, gak ngaruh ini..."
Semua pemikiran itu hanyalah berputar di otak anda sebagai asumsi pribadi yang belum tentu benar.

Kami di kiki4hire, website konsultan pribadi yang positioning marketing nya menempatkan diri sebagai trend life style baru punya cara pandang yang berbeda untuk hal ini; mari simak pola pikir yang dikembangkan di tulisan ini.

Memicu Pendapat Lain
Bayangkan dalam sebuah pertemuan/ rapat, pemimpin rapat meminta pendapat pesertanya. Seorang peserta yang banyak berpendapat belum tentu bisa mendapatkan dukungan/ persetujuan dari peserta rapat lainnya, tapi...
kalau dari sekian banyak pendapat ternyata mampu memicu pendapat lainnya yang dapat dijadikan keputusan rapat, maka kemauan/ kemampuan berpendapat menjadi penting.

Ini berlaku buat rekan-rekan di Indonesia, yang umumnya ragu-ragu dalam berpendapat atau cenderung menarik diri dalam perundingan/ pertemuan. Setelah meeting berakhir, di belakang meeting timbul banyak suara yang berbeda yang intinya mencari justifikasi untuk menentang/ mendukung hasil rapat.
Memicu pendapat lain artinya membantu pola pikir orang lain untuk terkondisi memikirkan solusi terbaik buat kemajuan bersama.

Yook Berpendapat
Berpendapat bisa menyenangkan apabila dikepala anda, sesuatu yang bertujuan baik menjadi obyek pemikiran anda. Bayangkan sesuatu yang baik akan lebih baik kalau anda lakukan tindakan xyz. Kemukakan pemikiran anda dan hola... orang akan mencoba berpikir dengan pola yang sama atau berbeda dengan pendapat anda. Tidak masalah... prinsip 10 orang 10 pendapat dapat diterapkan di sini. Artinya setiap orang punya cara pandang yang berbeda tentang suatu hal, tidak ada yang pintar atau bodoh, semua pendapat adalah benar, hanya isi atau kondisi saja yang menentukan pendapat mana yang paling benar yang akhirnya menjadi keputusan bersama.

Kalau Beda Pendapat, Gimana?
Kalau beda pendapat, pendapat kita memicu pendapat lain yang tidak sesuai keinginan kita, cobalah untuk melihat dari sisi orang lain, dengan cara ini ternyata akan banyak pembelajaran dari pengalaman orang lain masuk dalam pemikiran, mengembangkan opini buat kemajuan termasuk cara mengkomunikasikan dan meyakinkan pendengar lainnya. Namun, modalnya adalah kita nimbrung berpendapat, tidak pasif!

Persiapkan diri anda untuk tidak memaksakan kehendak apabila pendapat anda yang tidak diterima tidak membuat anda stress, kecewa atau patah arang. Semua ini adalah hal yang biasa yang dapat dipelajari, dibiasakan, dan dikembangkan lebih lanjut untuk mendapatkan kebiasaan baik berpendapat untuk memicu pendapat yang luar biasa baik dari anda pribadi atau rekan anda.

web kiki4hire membuka kontes berpendapat berhadiah, sebagai salah satu media menyalurkan kelebihan dan persepsi anda tentang website release 2 kami, silakan coba dan manfaatkan kesempatan baik ini.

Semoga bermanfaat.


kiki4hire - your personal consultant on web


No comments:

Post a Comment

Silakan komentari