Opini: Dari Mana Datangnya PeDe

PeDe itu Percaya Diri, sebuah kata sifat yang dibutuhkan semua orang hanya saja tidak semua orang punya; di sisi lain over PeDe juga bisa, tapi yang menilai orang lain, bukan diri sendiri.

Bagaimana Ciri Orang PeDe?
Salah satu yang paling jelas dari orang yang PeDe adalah orang yang berani tampil apa adanya, baik sama atau beda dengan lingkungannya dia tetap bisa merasa nyaman tanpa canggung, ragu atau rendah diri dalam segala situasi.

Butuh Apa Sih Biar PeDe?
Beberapa orang butuh penampilan yang Ok biar bisa PeDe, tapi my opinion, butuh kerjakan PR untuk jadi PeDe; maksudnya: persiapkan mental dan pola pikir (mindset), berlatih untuk mengembangkan mental baja, semangat dan strategy yang baik dalam menghadapi tantangan hidup.
Kelihatannya berlebihan ya...

Tapi, coba kita simak contoh sederhananya: kalau seseorang sedang menghadapi ujian sekolah/ kuliah, maka PR yang perlu dikerjakan adalah belajar sebelum hari ujiannya. Saat mengerjakan soal pasti akan lebih PeDe karena sudah siap.
Contoh lain: kalau mau bertemu dengan calon interviewer, minimal anda kerjakan PRnya adalah tahu dan mengenal perusahaan yang mau memanggil anda, apa bisnisnya, jenis usahanya, kalau dia perusahaan Tbk, bisa juga amati harga sahamnya tiga bulan terakhir (semuanya tergantung juga dengan posisi yang dilamar).

Intinya kalau anda siap, tentunya tidak menjadi masalah apa yang jadi tantangan yang dihadapi.

Kalau Terlanjur Bikin Kesalahan, What Next?
Belajarlah dari kesalahan karena itu adalah guru yang baik, jangan ulangi kesalahan yang sama, apalagi berulang-ulang, selalu berusaha mendapatkan apa yang layak anda dapatkan. Manfaatkan semua pengalaman yang kurang sukses itu sebagai bahan evaluasi.

Perlu Bimbingan Gak Ya?
Kembali kepada diri masing-masing, ada yang dapat belajar dari teman, rekan, orang tua; tapi bagi yang butuh mentor yang independen, bisa hubungi sebuah website personal consultant, bahkan akhir-akhir ini di google anda ketik "konsultan goceng" sudah langsung banyak link yang mengarah kepada website www.kiki4hire.com.

kiki4hire - your personal consultant on web

Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile              Blog Kontes



No comments:

Post a Comment

Silakan komentari