Tips: Bersemangat dalam Segala Situasi

Suatu petang, seorang rekan kerja yang kebetulan berpapasan saat hendak pulang bilang "Semangat amat lue, dah mau pulang juga ...!" "Emang harus gitu donk,semangat dari pagi sampe sore bahkan kalau perlu sampai malam".

Untuk pembaca yang punya energi pas-pasan, adalah sebuah keinginan untuk bersemangat terus sepanjang hari. Percaya atau tidak bersemangat itu bisa dilatih, mari kita lihat tips praktis berikut.

Maksud & Tujuan: melatih badan anda biar bersemangat terus, dengan harapan segala kegiatan yang dilakukan dengan semangat akan menghasilkan pencapaian yang maksimal.

Persiapan: ini bagian termudah sekaligus terpenting, persiapkan diri setiap bangun pagi bahwa anda akan bersemangat terus sepanjang hari.

Action: mulailah dengan memperhatikan sikap badan, cara berjalan, cara bergerak, cara berpikir dan memanfaatkan waktu. Lakukanlah semua aktivitas dengan mengurangi "waktu tempuh"; misalnya: berjalan dari tempat parkir ke kantor, biasanya dilakukan dengan jalan santai, sekarang lakukanlah dengan berjalan lebih cepat. Mengerjakan tugas membuat proposal, lakukanlah dengan konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Percayalah untuk beberapa hari pertama ini merupakan sebuah latihan yang bisa jadi melelahkan.

Selanjutnya, selalu antusias dengan semua kegiatan setiap hari, mencoba mengambil tanggung jawab yang diperlukan dan melaksanakan pekerjaan yang memang ditargetkan hari itu. Pada saat kelelahan melanda, beristirahatlah barang 2-4 menit (tidak lebih)untuk mengembalikan stamina, setelahnya lanjutkan kembali segala kegiatan yang dilakukan.

Di akhir hari kerja, lihatlah perbedaan yang telah dilakukan antara hari kemarin dengan hari ini. Apakah anda melihat perbedaannya [selain kelelahan :) ]? Mendapatkan kepuasan tambahan?
Cobalah lakukan hal yang sederhana di atas setiap hari, jangan lupa sertai dengan makan yang cukup dan bergizi untuk mendukung kegiatan meningkatkan semangat ini.

Nah tips ini akan terasa memberatkan terutama saat-saat awal mencoba, ingatlah tidak mudah untuk meninggalkan tingkah laku lama; mengurangi waktu tempuh juga berarti meningkatkan efisiensi, harapannya setelah efisien, kepuasan bertambah, semangat akan meningkat.

Tetap semangat dan berprestasi...

salam,

kiki4hire

3 comments:

  1. Memang pas bangun pagi, badan dan pikiran kudu diset positif. Jd melakukan atau mengahadapi apa juga ga sampai terserang 3L. Cuma jangan lupa asupan makan, olahraga dan istirahat juga kudu seimbang. Krn kalo hal2 tersebut ga seimbang rada repot ngeset pikiran dan badan agar tetep semangat terus:)

    Good article.

    ReplyDelete
  2. Kiki4hire,
    semangat bisa dibangun lewat perubahan komposisi dan personil sdm di kantor, misalnya keharusan pakai seragam di hari tertentu ditiadakan, misalnya sekretaris kita yang sudah tua di mutasi dan diganti dengan yang muda dan cantik serta sexy, jumlah jam kerja dikurangi, gaji dinaikan, dll.

    ReplyDelete
  3. Mr/ Ms V thanks for your comment.

    Artgriculture, creative input...

    ReplyDelete

Silakan komentari