Tips: Mengendalikan Pengeluaran, Meningkatkan Tabungan

Beberapa tahun lalu di sebuah majalah asing, disebutkan berdasarkan statistik, orang China & India yang bekerja menyisihkan gajinya dalam tabungan sebesar +/- 30%; persentase ini cukup dibandingkan rata-rata tabungan di negeri tercinta ini, disebutkan di kisaran belasan persen.

Tulisan ini membagikan cara mengendalikan pengeluaran dengan harapan tabungannya bisa naik :)



Caranya?
Catatlah pengeluaran rutin/ non rutin anda hingga nominal terkecil adalah Rp 1.000,- artinya kalau beli gorengan satu dengan harga Rp 500,- gak perlu di catat, tapi kalau beli gorengannya tiga, Rp 1.500,- wajib di catat.

Lakukanlah pencatatan ini dengan konsisten setiap hari selama 5-6 bulan, kemudian review jumlah pengeluarang anda berdasarkan jenisnya. Misalnya: kebutuhan primer berupa pangan, sandang, dan papan.
Kalau jajan di luar jam makan, golongkanlah sebagai kebutuhan non primer, untuk mengukur besarnya pengeluaran yang dapat dikendalikan. Kebutuhan fashion digolongkan sebagai non primer, kecuali merupakan tuntutan pekerjaan :)

Dari pengalaman, kebutuhan non primer akan menguasai pengeluaran anda. Dari situ silakan anda pilah bagian mana yang dapat dipotong, dihilangkan, atau dikurangi frekuensinya.
Kalau semua ini dapat dilaksanakan dengan konsisten, mudah-mudahan tabungan anda akan meningkat cukup signifikan dalam waktu tidak terlalu lama (5 - 6 bulan setelah proses evaluasi dilakukan).

Salam,

kiki4hire

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari