Sharing: Kreativitas Yang Kebablasan :)

Judulnya kontradiktif sepertinya ya?
Katanya kita harus kreatif, tapi kok ada yang kebablasan?

Cerita Singkat
Saduran ceritanya sbb: Ada seorang customer yang meminta dibuatkan penawaran sistem yang sudah jelas spesifikasinya, part numbernya sudah ada, jumlah unit yang dipakainya sudah ada. Singkatnya semua itu ada petunjuk dan dokumen penunjangnya untuk mendapatkan konfigurasi yang dibutuhkan.
Setelah diajukan, supplier mulai membuat penawaran, namun karena ada item yang sedang promo, tanpa persetujuan customer, supplier bersangkutan dengan kreatifnya mengganti beberapa komponen.

Setelah dikirimkan kepada customer tentu saja membingungkan, setelah di cek kok gak sama, padahal permintaannya jelas. Inilah yang dalam sharing ini disebut kreativitas yang kebablasan.

Apa Yang Salah?
Kalau dilihat lebih teliti, salahnya supplier hanya satu: mengubah tanpa persetujuan; tapi cerita ini akan menjadi sesuatu yang bernilai tambah tinggi jika supplier membuat apapun yang diminta sesuai pesanan, kemudian ditambah dengan paket alternatif yang bisa mengikutsertakan alternatif item yang promo supaya lebih ekonomis.

Benang Merahnya...
Kreativitas itu penting banget dalam beraktivitas, tapi hendaknya ada sesuatu standar yang dipenuhi dahulu sebelum meningkatkannya menjadi bernilai tambah. Kalau syarat cukup dan perlu saja belum terpenuhi, sudah ditambahkan kreativitas, pastinya persepsi orang lain akan lari dari harapan. Kita berharap customer kita senang eh malah jadi marah, tidak puas, dan mungkin sekali complain pada anda.

Apakah artinya kreativitas itu perlu konfirmasi? Tidak juga, yang penting selalu berpikir dengan katamata customer seperti dalam cerita di atas, apa sih yang mereka sesungguhnya butuhkan? Lalu di atasnya kita boleh tambahkan sesuatu yang mungkin membuat mereka berdecak "hmmm ..." bukan "waaaah kok gitu sih..."

Mentor Untuk Tantangan Hidup Anda?
Butuh Mentor atau sekedar tempat curhat masalah hidup anda? Silakan hubungi website personal consultant, bahkan akhir-akhir ini di google anda ketik "konsultan goceng" sudah langsung banyak link yang mengarah kepada website www.kiki4hire.com. Sebuah website yang bertujuan ideal meningkatkan kualitas SDM di Indonesia; saat ini bidang yang dicover adalah: karir, kepribadian, mindset & love life.

kiki4hire - your personal consultant on web

Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile              Blog Kontes           Manual kiki4hire

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari