Kalau ini Huruf "S"...

Tulisan ini diawali cerita pengalaman anak balita yang baru belajar mengenali abjad. Ceritanya dia bilang sama adiknya seperti ini: "Dedeku, kalau huruf ini adalah huruf S, maka sisanya bukan S"; sambil menunjuk dengan lugunya ke deretan tulisan di kalender bulanan yang bertuliskan nama perusahaan yang mencetak kalender tersebut.

Orang yang mendengar ini bakal tersenyum geli, secara de facto, pernyataan anak ini tidak ada yang salah, kalau huruf "S" yang dimaksud adalah abjad yang benar, maka selain huruf "S" adalah huruf-huruf yang bukan huruf "S"; namun secara akademis ini tentu saja tidak dapat dibenarkan. Artinya masih buta aksara :); di sini ada dua nilai kebenaran yang kalau dipertentangkan bakal jadi seru atau hanya jadi debat kusir saja.

Benang merahnya adalah kebenaran di mata seseorang bersifat relatif sejauh pengetahuan dan wawasannya. Semua orang yang berakal budi akan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap segala sesuatu yang dipersepsikannya menjadi kebenaran.

Pointnya Tulisan ini Apa Ya?
Pointnya adalah seseorang perlu memiliki pendirian dengan berani menyatakan kebenaran yang dipersepsikannya. Simpelnya memilih mana yang dianggap baik. Sambil jalan, kembangkanlah pengetahuan lain yang mendukung, menyanggah, memberikan pencerahan tentang kebenaran yang dipegangnya. Kalau suatu hari ketahuan salah atau kurang tepat, tidak ada salahnya dong mengakui bahwa persepsi yang sebelumnya adalah keliru.

Kemampuan Berubah
Konteks dalam tulisan ini, memberikan gambaran bahwa kemampuan untuk berubah itu penting. Mulai dari belajar terus mengembangkan pengetahuan dan wawasan, berubah untuk menerima kenyataan tentang kebenaran yang dipersepsikannya, hingga perbaikan positif yang diperlukan untuk membuat segala yang baik menjadi lebih baik.

Terkadang, seseorang yang terlanjur terbiasa dengan comfort zone, akan berpikir dengan persepsi yang statis, waspadalah karena perubahan lingkungan sekitar terkadang menuntut kegesitan dalam antisipasi banyak hal.

Menjelang akhir tahun 2009 marilah kita buat refleksi diri tentang apa yang telah dicapai dan apa yang direncanakan di tahun baru 2010. kiki4hire sebagai konsultan pribadi untuk karir, kepribadian, mind set & love life on web mengucapkan selamat hari Ibu 22 Des 2009.

Apabila anda memiliki tantangan hidup yang perlu mendapatkan 2nd opinion, kami akan siap membantu anda.
Semoga kesuksesan senantiasa menyertai anda...

Salam,

kiki4hire - your personal consultant on web

Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile


No comments:

Post a Comment

Silakan komentari