Action Item: Refleksi diri 2009 & Rencana 2010

Menjelang akhir tahun 2009, membuat penulis teringat pada sebuah nasihat dari salah seorang guru di bangku sekolah menengah atas, sekitar 20 tahun lalu; "menjelang tahun baru, mari kita refleksikan apa saja yang sudah terjadi di tahun ini, 2009", lalu dalam perkembangannya ditambah dengan rencana 2010 sebagai target yang akan ditempuh tahun depan.

Ada Manfaatnya Emang?
Refleksi dan Rencana ke depan itu untuk memberikan justifikasi apa saja kegiatan secara garis besar yang sudah dilaksanakan, apa saja pencapaian di tahun berjalan, apa perbaikannya, mana kegiatan yang dapat dilanjutkan dan sudah benar.
Dilanjutkan rencana tahun yang akan datang, obsesi, cita-cita dan harapan mana yang perlu digagas, perlu dicermati dan dikembangkan.

Berguna atau tidaknya kembali kepada masing-masing, namun ada baiknya dipikirkan supaya hidup lebih berarti dan berarah.

Caranya?
Rekomendasi prakteknya untuk refleksi adalah dengan menuliskan semua kejadian utama yang terjadi dalam perjalanan di tahun 2009: pindah kerja, pindah bagian, memenangkan tender, mensukseskan proyek, termasuk juga kegagalan dan analisa singkat penyebabnya untuk dijadikan pembelajaran.
Tuliskan hikmah tahun ini apa, pencapaian target tahun lalu (kalau sudah dibuat) diakurkan dengan apa yang terjadi, mengapa ada hal lain yang belum dijalankan, apa yang perlu diteruskan dituliskan di lembar rencana.

Lembar rencana, berisi apa saja yang bakal dilakukan, termasuk kesempatan, trend business, peluang yang perlu dicari, dimanfaatkan, network mana yang perlu dijajaki, siapa saja yang perlu dikenal.
Tuliskan rencana yang menjadi konsep dan rencana jangka pendek (1 tahun) atau menengah (3 tahun). Tuliskan sesuatu yang secara rasional dapat dicapai dan gunanya jelas bagi kemajuan kehidupan. Cita-cita membeli rumah, pekerjaan yang lebih baik juga termasuk salah satu rencana.
Kalau belum dapat merumuskan bulannya, cukup semester satu atau semester dua di tahun 2010. Semua rencana ini tentunya sudah dipikirkan mekanisme pencapaiannya.

kiki4hire mengucapkan selamat berefleksi dan menyusun rencana anda ke depan menyambut tahun baru 2010.
Komitmen kiki4hire membantu para anggotanya dalam menyelesaikan tantangan hidup dengan memberikan 2nd opini pada semua masalah tetap berlanjut, silakan kunjungi website kami; bagi yang belum jadi member silakan register dengan GRATIS.

Di awal 2010, kiki4hire juga memperkenalkan layanan baru "Head Hunter", silakan kirimkan CV anda ke email: mycv@kiki4hire.com dan isilah assessment tool yang dikirimkan dalam auto response kami. Tuliskan Subject: CV - <keahlian anda>, bagi yang memiliki informasi lowongan yang membutuhkan karyawan, bisa juga mengirimkannya kepada email: vacancy@kiki4hire.com, team kami akan membantu anda.

Semoga kesuksesan senantiasa menyertai anda...

Salam,

kiki4hire - your personal consultant on web

Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari