Newsletter kiki4hire - June 2012 - Konsultan Pribadi - Kombinasi Alibi & Bargaining Position

Tulisan ini membahas alibi yang dikombinasikan dengan posisi tawar (bargaining position) sebagai kombinasi ideal untuk menggapai apapun yang anda maui dalam aktivitas anda. Apapun artinya semua objective jangka pendek yang dibutuhkan untuk mengejar pencapaian yang lebih besar.

Bayangkan situasi berikut ini:

Saat prestasi anda baik, keberanian untuk meminta fasilitas atau kemudahan akan lebih besar dibandingkan saat prestasi anda kurang baik; alibi anda adalah sudah berprestasi baik, bargaining position anda adalah: karena prestasi baik, posisi tawar anda dalam perusahaan akan naik. Saat Alibi & Bargaining Position anda baik, kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari management perusahaan, misalnya minta kemudahan dan fasilitas tertentu.

Tentang Alibi & Bargaining Position

Dari Wikipedia, alibi didefinisikan sebagai: ...  suatu keterangan yang menyatakan bahwa seseorang berada di tempat lain ketika suatu peristiwa terjadi. Alibi yang kuat ialah alibi yang disertai alasan-alasan beserta bukti yang kuat...

Alibi dalam konteks ini misalnya: anda berhasil menyelesaikan sebuah proyek tepat waktu, atau berhasil melaksanakan proses negosiasi yang bagus dan membawa keuntungan di pihak perusahaan, dan kegiatan lain yang memastikan anda telah berbuat sesuatu yang baik dan benar.

Saat memiliki bargaining position (posisi tawar), misalnya anda adalah team leader yang memiliki etos kerja yang baik, maka orang sekitar anda melihat anda sebagai seseorang yang layak dipertahankan dalam team.

Posisi tawar seringkali didapat bukan atas usaha pribadi saja, tetapi juga karena rekan sekeliling anda mendukung keputusan/ kegiatan yang dilakukan. Secara logis, anda didukung karena kepribadian yang mudah diterima oleh lingkungan anda. Intinya posisi tawar ini adalah akibat dari perbuatan/ upaya baik sebelumnya, bukan sesuatu yang instan.

Kombinasi Alibi & Bargaining Position
Kombinasi kedua faktor ini mampu membuka kesempatan mendapatkan hasil terbaik dalam argumentasi, negosiasi, atau kegiatan lainnya yang melibatkan sekumpulan orang dan keputusan.

Dalam menjalankan tugas-tugas rutin, menyelesaikan pekerjaan adalah hal biasa, namun mendapatkan alibi yang pas untuk mendapatkan positioning yang lebih baik dapat dianggap kemenangan kecil dalam menunjang kegiatan selanjutnya mendapatkan kemenangan.

Kejelian menempatkan diri, mengambil keputusan serta mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar akan mempertajam kemampuan mendapatkan kombinasi Alibi dan bargaining position ini. Semakin sering anda mendapatkannya, makin sukses hidup anda. Jadilah orang sukses dengan mengembangkan kemampuan mengkombinasikan alibi-alibi terbaik anda.

Semoga tulisan ini memberikan sedikit pencerahan & dapat menggugah semangat belajar anda mengejar cita-cita.

salam,


kiki4hire
twitter: @kiki4hire @konsultangoceng
website: http://www.kiki4hire.com
blog: http://kiki4hire.blogspot.com
email: info@kiki4hire.com

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari