Opini: Mengapa Spesifikasi Lowongan Kerja Selalu Tinggi?

Seringkali saat melihat iklan lowongan, hati kita jadi deg-degan kok ideal banget mintanya ya, jadi ragu-ragu nih melamar jangan ya? Kalau itu anda, silakan baca artikel ini.

Prinsip ekonomi berlaku di dunia bisnis, dengan modal sekecil-kecilnya mendapatkan hasil sebesar-besarnya. Dalam upaya merekrut pegawai semua perusahaan mengharapkan mendapat kandidat yang "Superman" supaya tugas-tugas penting dapat diselesaikan dengan jumlah kepala yang sesedikit mungkin. Ibarat smart phone dewasa ini, handphone yang fungsinya juga sebagai perangkat multimedia termasuk kamera dst.

Tantangan Pemberi Pekerjaan
Dalam mencari pegawai ternyata perusahaan menghadapi banyak sekali tantangan; sebagai perbandingan, walaupun angka pengangguran cukup besar kalau tidak salah merangkak di atas angka 40 juta, ternyata mencari pegawai yang baik dengan kriteria jujur, rajin, dan bisa berkembang saja susahnya minta ampun.

Lalu kenapa Speknya Dibuat Tinggi?
Sasaran ideal musti ada, sukur-sukur memang ada orang yang pas pengalamannya walaupun tujuan ideal ini seringkali sulit dalam prakteknya mencari karyawan ideal. Ujung-ujungnya kompromi kalau gak dapet-dapet orang yang dimaksud dalam spesifkasi ideal itu; minimal dapatkan yang 75% memenuhi atau bahkan skillnya 65% tapi attitudenya 85% sesuai.

Tugas Yang Mau Melamar Apa Donk?

Tugasnya banyak, lebih tepat disebut pekerjaan rumah: dalam studi, kuasai banyak hal di luar subject yang dipelajari, bergaul dengan lebih banyak orang yang memberikan pembekalan pengalaman tentunya; kalau bekerja belajarlah dalam segala situasi, kalau bisa belajar baik, gaji bukan hal yang terutama dalam merintis awal karir. Ambillah keahlian yang menunjang keahlian utama, kalau-kalau ada kesempatan bergeser atau pindah ke spesifikasi pekerjaan yang berbeda yang meminta hal tersebut - hikmah dari memberikan 110% dari yang anda miliki.

Lalu?
Kumpulkan keberanian anda untuk melamar dan setelah itu semuanya akan ditentukan oleh situasi dan kondisi perusahaan yang dilamar, apakah mereka melihat anda sebagai orang yang mampu berkembang dan dikembangkan? Jadi apapun skill set anda sekarang sudah dapat dipastikan bisa berkembang sesuai kebutuhan karena riwayat kerja anda sebelumnya telah membuktikan hal tersebut.

Jadi?
Kalau ada keraguan kebimbangan ketidakpastian yang anda hadapi, bisa juga mencari mentor yang mampu memberikan bimbingan lebih detil tentang hal ini. Salah satunya ada di website http://kiki4hire.com, sebuah konsultasi pribadi yang mampu memberikan pandangan dan opini untuk masalah anda sebelum keputusan akhir di ambil. Cara bertanyanya mudah dan bisa GRATIS asal mendaftarkan diri dulu cukup dengan nama, email, dan daftarkan password dan jangan lupa konfirmasi untuk kepentingan keamanan data pribadi anda.


Semoga bermanfaat,



kiki4hire

twitter:
@kiki4hire @konsultangoceng @k4htweet
website: http://www.kiki4hire.com
blog: http://kiki4hire.blogspot.com
email: info@kiki4hire.com






No comments:

Post a Comment

Silakan komentari