Pekerjaan Rumah Menyongsong Kemajuan Karir

Tulisan ini ditrigger oleh salah satu pertanyaan di website kiki4hire.com mengenai apa sih yang harus dilakukan buat kemajuan karir.

Kebanyakan orang-orang yang mengejar karir menginginkan kenaikan pangkat, punya anak buah, bisa punya pendapatan besar; tetapi seringkali banyak juga yang berpikir "boss gue menyebalkan", "boss kok gak pake perasaan...", "kapan ya gue naik pangkat?", dst, dst...



Dari sekian banyak pertanyaan retoris (bertanya pada diri sendiri) atau pernyataan di atas, ada baiknya pikirkan beberapa hal yang merupakan pekerjaan rumah sebelum kesempatan promosi datang:
  1. Sudahkah memberikan sedikit lebih dari apa yang diminta atasan anda? Memberikan 110% dari apa yang anda miliki sekarang merupakan sesuatu yang wajib untuk kemajuan karir.
  2. Sudahkan anda melatih kapasitas dan kemampuan anda secara berkesinambungan? Salah satunya dengan percepatan pengalaman, singkatnya bekerja 5 tahun adalah pengalaman kerja 5 tahun satu kali bukan pengalaman kerja satu tahun diulang lima kali.
  3. Sudahkah anda siap berubah? Kemampuan berubah adalah salah satu modal penting dalam meningkatkan kemampuan dan posisi tawar anda. Syukur-syukur bisa punya track record yang selalu baik dalam setiap kali berubah.
  4. Sudahkah anda meningkatkan network anda setiap saat? Sedia selalu kartu nama anda di mana pun dan ke mana pun anda pergi; tidak pernah ada kesempatan yang hilang atau dihilangkan hanya karena anda tidak membawa kartu nama.
  5. Banyak hal lain yang tidak dapat dirunut secara detil, tapi pada intinya selama menunjang karir anda, lakukanlah :)
Sebagai masyarakat yang sudah modern sekarang ini, lambat laun kebiasaan untuk bertanya kepada mentor sudah dapat direalisasikan secara online di sebuah situs Internet: www.kiki4hire.com di sana ada sekumpulan konsultan yang bersiaga menerima pertanyaan anda seputar karir, kepribadian, mindset dan love life.

Semoga artikel ini menyumbangkan pemikiran; apabila ada pertanyaan seputar dunia kerja, silakan buka case di website & semoga bermanfaat.

Salam,

kiki4hire - your personal consultant on web


Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile              Blog Kontes           Manual kiki4hire





No comments:

Post a Comment

Silakan komentari