Mencari Karir - Proaktif Dalam Kehidupan Karir

Salah satu rekan yang bekerja di sebuah perusahaan yang melakukan merger baru-baru ini bercerita tentang pengalaman "survival" nya saat mapping pekerjaan.



Diceritakan ada proses "pencocokan" atau kerennya mapping saat merger, di mana posisi yang sama persis akan mengalami pengurangan pegawai, sedangkan posisi yang bertahan akan dipilih orang-orangnya; siapa yang layak lanjut atau diberhentikan secara hormat.

Pada saat itu cukup chaos mas, semua orang berusaha mencari posisi aman masing-masing. Lalu, "Apa yang anda lakukan?"

Simaklah jawaban dia: "Saya mencari posisi yang baru secara proaktif dengan melamar bagian baru yang kosong dan berpindah job profile".

"Waktu itu saya hanya tahu harus survive" lanjutnya, "Makanya aku sebar CV saya pada orang-orang yang sekiranya dapat membantu. Bersyukur saya mendapatkan beberapa wawancara dan akhirnya beroleh kesempatan memilih job profile mana yang diminati".

Nah cerita pendek di atas adalah kejadian nyata dan contoh hidup bagaimana proaktif seseorang (menebar CV dan mencari posisi kosong) dapat memberikan hasil yang baik; pada akhirnya dia dapat memilih job profile yang diminatinya.

Nah, sudah proaktifkah anda dalam kehidupan karir anda?

Silakan simak cerita-cerita lainnya yang nyata yang pernah ditanyakan member lainnya di salah satu website konsultan pribadi di website.

Selamat berkarya...

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari