Close the Loop - Tips Sederhana Mengalahkan Ketakutan

Tulisan ini lebih tepat disebut tips dibandingkan artikel. Judulnya "Close the Loop" secara harafiah diterjemahkan "Tutup celahnya". Apa maksudnya, kita simak bareng-bareng ya...

Bayangkan anda sebagai seseorang yang baru dipindahkan bekerja pada suatu bidang yang baru, belum dikuasai, namun dipercaya orang lain bahwa anda bisa melakukannya.
Sebagai manusia normal, pastinya ada rasa khawatir: "wah, bisa gak ya?", kalau gagal gimana nih? dst dst...

Kalau pengalaman berpindah atau rotasi masih sedikit, hal di atas itu lumrah. Simak tips berikut ini supaya anda bisa tenang :)

CLOSE the LOOP
Apa sih sebenarnya yang orang lain inginkan dari anda di tempat yang baru itu? Sadarilah, sesungguhnya orang lain yang percaya anda bisa ingin melihat anda melakukan sesuatu, sebuah aktivitas kecil, sekecil apapun pasti akan berarti banyak buat kemajuan/ perkembangan karir anda. Artinya, tinggal berpulang pada diri anda mau atau gak :D 

Masalah bisa atau tidak, terkadang orang sekeliling anda juga memaklumi anda sebagai pemain baru, belum tentu fasih melakukan banyak hal.

Close the loop sebenarnya sederhana: lakukan apapun yang kecil/ besar relatif tidak masalah yang penting anda mencoba menutup celah/ membuat action kecil dalam lingkungan baru anda.

Ada orang yang tidak senang berpindah karena khawatir dengan LOOP baru yang timbul; idealnya lakukanlah semua aktivitas anda dengan memastikan tujuan dan arahnya mengarah pada hasil yang ideal yang diinginkan bersama.

Setelah terbiasa, maka semua akan kembali berjalan normal, bahkan sesuatu yang baru pun menjadi normal di mata anda sekarang - alias sudah berhasil menyesuaikan diri.

NO ACTION? Mengapa?
Saat tidak ada tindakan apapun dari anda, orang lain akan berpikir anda tidak mampu mengerjakan sesuatu. Dari diri anda, ketakutan akan performansi anda mengganggu pemikiran sehingga ragu untuk bertindak; lihat lagi bagian atas apa yang diharapkan orang lain dari anda? Hanya sepotong action yang BENAR.

Saat anda terbiasa mengambil tindakan dan keputusan, ketakutan akan keberhasilan makin berkurang, kepercayaan diri anda akan timbul dengan sendirinya - lalu berkembanglah menjadi pribadi yang menyukai tantangan.

Banyak sekali impact positifnya apabila anda memenuhi harapan banyak orang disekitar anda, yakni: Lakukan Action yang Seharusnya dengan segera - lalu keberhasilan akan mendekat.  
   
Semoga tulisan ini memberikan sedikit pencerahan  dan dapat menggugah semangat belajar anda mengejar cita-cita.

salam,


kiki4hire
twitter: @kiki4hire @konsultangoceng
website: http://www.kiki4hire.com
blog: http://kiki4hire.blogspot.com
email: info@kiki4hire.com

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari