Tips: Cara Sukses Me-Manage Karir

Seberapa kutu loncatnya kah anda? Kalau anda sering lompat kerja atau pengen lompat kerja mungkin tulisan ini layak anda simak.

Kutu Loncat
Istilah kutu loncat tidak asing bagi yang sering pindah kerja, ada yang 3 bulan pindah, 6 bulan ganti kartu nama, atau yang beberapa kali pindah dalam selang 1-3 tahun sebagai rutinitas. Boleh? Tentu boleh, itu hak.

Syarat Cukup & Perlu Loncat Kerja
Ada syarat minimum ideal untuk pindah kerja: minimal sudah satu tahun kerja di satu tempat, berprestasi (idealnya) & punya alasan kuat selain uang untuk pindah kerja.
Alasan yang tidak kuat misalnya: boss sekarang galak - kalau tempat baru galak juga? sia-sia dong usaha pindah kerjanya; temen kerja gak asyik - serupa: kalau di tempat baru gitu juga? - salah dua dari alasan yang tidak kuat.

Alasan yang kuat, misalnya: kalau diteruskan karir anda sulit naik lagi, kerjaannya monoton dan ilmunya sudah anda dapatkan, mencari perusahaan yang mampu memanfaatkan kelebihan anda (karena sudah berusaha untuk mendapatkan peran).

Note: Tulisan ini memberikan pandangan sebagai wawasan & bukan ajakan :) untuk pindah.

Kenapa Jangan Pakai Alasan Uang?

Untuk pindah sangat tidak disarankan hanya melihat uang sebagai patokan pindah. Lihatlah alasan di balik mengapa sebuah perusahaan berani membayar lebih mahal? Bagaimana waktu kerjanya? Apakah deadline (targetnya) jauh lebih berat sehingga cenderung seseorang perlu lembur terus.
Uang tentu akan memberikan kepuasan tapi hanya sementara, mungkin 3-4 bulan, setelahnya manusia normal akan bilang kurang lagi... ini manusiawi.

Saat uang dirasakan kurang terus tapi kepuasan kerja tidak kunjung datang, maka gelombang ketidak betahan akan muncul dan menggoda anda untuk pindah kembali.

Bekal Saat Wawancara

Saat anda wawancara, anda akan dengan mudah lolos seleksi apabila pekerjaan rumah sudah dikerjakan terlebih dahulu, misalnya: memiliki pengalaman yang menarik dalam mensukseskan sebuah proyek; atau mampu mengembangkan suatu sistem kecil dari perencanaan sampai pelaksanaan, dst.

Hmm... Sulit Dong Untuk Pindah?

Sebetulnya tidak sulit apabila anda memiliki bekal dan prestasi yang baik di perusahaan sekarang. Untuk cari kerja yang lebih baik dan memperbesar peluang kerja, bisa juga dengan menjalani pengalaman yang beragam di perusahaan yang sekarang - caranya geser menempati jenis pekerjaan yang berbeda, pengayaan pengalaman - memudahkan anda masuk ke berbagai pekerjaan yang ditawarkan perusahaan baru.

Berkonsultasi Dengan Mentor Anda

Tidak jarang anda mengalami dilema dan kesulitan sepanjang karir anda. Temuilah mentor anda dan dapatkan opini dari mentor anda yang sudah berpengalaman memberikan arahan sebelum keputusan diambil.

Jika butuh mentor online, bisa menghubungi http://www.kiki4hire.com - tim konsultasi berpengalaman di bidang karir, kepribadian, mindset & love life yang siap membantu kemajuan karir anda. Semoga bermanfaat.


-kiki4hire-


twitter: @kiki4hire @konsultangoceng @k4htweet
website: http://www.kiki4hire.com
tutorial: http://www.kiki4hire.com/index.php?mib=tutorials
blog: http://kiki4hire.blogspot.com
email: info@kiki4hire.com



2 comments:

  1. Sukses bisa diraih setiap orang, tetapi hanya sebagian orang yang benar-benar serius untuk menggapai sukes, sisanya... kebanyakan ngayal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan anda di website kiki4hire.com Semoga berguna buat anda semua.
      ... setuju banget, harus dengan action dan keberanian mengambil keputusan ...

      Delete

Silakan komentari